Politeknik Internasional Bali Meluluskan 33 Mahasiswa

Politeknik Internasional Bali menggelar Wisuda Program Diploma Tahun Akademik 2021/2022.Wisuda tersebut di hadiri oleh Kelompok Kerja Kinerja Perguruan LLDikti Wilayah VIII Tinggi Made Adi Kartika Yasa,S.T. Wisuda tersebut dilaksanakan pada Jumat,11 November 2022.

Politeknik Internasional Bali meluluskan 33 Mahasiswa di antaranya terdiri dari program studi Seni Kuliner (D3) 6 mahasiswa, Program Studi Manajemen (D4) 17 mahasiswa, Program Studi Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa (D4) 10 Mahasiswa.

Ketua Kelompok Kerja Kinerja Tinggi Perguruan LLDikti Wilayah VIII Made Adi Kartika Yasa,S.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa, Indonesia saat ini berada di era revolusi industri 4.0 dimana segala sesuatu bergerak dan berubah dengan sangat cepat, perubahan tersebut terletak pada digitalisasi dan pemanfaatan internet secara maksimal. Tantangan di era ini jauh lebih besar karena Revolusi Industri 4.0 telah mendisrupsi segala aspek kehidupan kita sehari-hari, mengubah sifat lapangan kerja Indonesia, pekerjaan dan cara kerja berubah, banyak profesi berubah mengikuti kebutuhan industri dan teknologi, bidang pekerjaan baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, pemanfaatan teknologi informasi dan tuntutan lulusan perguruan tinggi untuk memiliki kills terkait teknologi informasi, dibutuhkan orang-orang yang mampu berpikir luas dan melek teknologi. Lulusan perguruan tinggi harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya terutama kesiapan mental dan berbagai keterampilan agar tidak tertinggal dan berhasil beradaptasi di dunia kerja yang sangat kompetitif ini.

Peradaban dunia terus berkembang, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, di era revolusi industri 4.0, pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana untuk memperlancar proses pembelajaran. Di era society 5.0 atau masyarakat super cerdas yang digagas oleh Negara Jepang, konsep ini menuntut manusia untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, dan kreatif dalam mengatasi paradigma kemajuan revolusi industri. 4.0 Dalam rangka menyongsong era society 5.0, perguruan tinggi mau tidak mau harus menyiapkan infrastruktur digital dan menyiapkan kebijakan dan regulasi yang tepat untuk dapat merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif. Selain itu juga harus menyusun kurikulum yang mampu mengarahkan dan membentuk karakter peserta didik agar siap menghadapi era society 5.0. Perguruan tinggi harus berubah sesuai, harus mampu beradaptasi, jika tidak, perguruan tinggi dapat kehilangan relevansinya dan ditinggalkan oleh mahasiswa.

Sekali lagi selamat untuk semua wisudawan. Prestasi Anda hari ini berupa menyelesaikan studi, merupakan hasil dari usaha yang tak terhitung dan proses pembelajaran yang panjang dalam pendewasaan ilmu, semoga dapat meningkatkan peran dan kontribusi Anda dalam masyarakat dan lingkungan melalui pemanfaatan internet dan teknologi secara cerdas, jangan berpuas diri, terus belajar, berinovasi, terus menggali potensi dalam diri, dan meningkatkan nilai di masyarakat. Karena pendidikan pada hakikatnya adalah pembelajaran sepanjang hayat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *