STIKES Wira Medika Bali Meluluskan 203 Mahasiswa

Stikes Wira Medika Bali menggelar Wisuda XVII dan Angkat Sumpah XIX Tahun Akademik 2021/2022. Wisuda tersebut dilaksanakan di Bali Safari & Marine Park pada Senin, 17 Oktober 2022.

Dari 203 Mahasiswa yang lulus adalah dari Program Studi Pendidikan Profesi Ners 100 Mahasiswa,  Keperawatan (S1) 70 Mahasiswa, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (D-III) 16 Mahasiswa, Teknologi Laboratorium Medis (D-III) 17 Mahasiswa,  LULUS Total Mahasiswa yang diwisuda 203 orang.

Kepala LLDikti Wilayah VIII Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T Mengatakan bahwa, Peningkatan kualitas melalui berbagai jalur pendidikan tidak akan pernah berakhir. Dunia terus bergerak dan berubah begitu cepat. Siapa saja yang tidak mampu mengadopsi dan beradaptasi dengan perubahan, maka akan tergilas atau paling tidak ditinggal oleh perubahan itu. Oleh karena itu, setiap insane, termasuk para wisudawan maupun wisudawati yang saat ini diwisuda wajib untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, terutama kesiapan mental dan berbagi kecakapan (Skill) sehingga bisa tetap eksis dalam menghadapi dan menikmati gelombang persaingan.

“Penguasaan terhadap berbagai multi kecakapan di era saat ini adalah menjadi kewajiban bahkan kemutlakan, seperti human skill, desn skill, conceptual skill, manajemen skill, technical skill, sof skill dan spiritual skill,”ucap Bagus Eratodi.

Ketua STIKes Wira Medika Bali (Drs. I Dewa Agung Ketut Sudarsana, M.M) menjelaskan bahwa, Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka telah mendorong STIKES Wira Medika Bali melaksanakan pembelajaran berbasis permasalahan, kolaboratif, dan tidak hanya mengandalkan pembelajaran di dalam kelas. Produktivitas kami fokuskan pada pencapaian indicator kinerja utama perguruan tinggi sebagaimana tertuang dalam Kepmendikbud RI Nomor 3/M/2021. Salah satu parameter keberhasilan kami adalah Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dengan peringkat Baik bahkan Baik Sekali dari BAN-PT dan LAM-PTKes. Selain itu terdapat peningkatan jumlah mahasiswa baru dari Bali, luar Bali bahkan Luar Negeri yang mengindikasikan tingginya kepercayaan masyarakat akan kualitas, dan kuatnya budaya mutu pendidikan di STIKES Wira Medika Bali.  

STIKES Wira Medika Bali mendapat penghargaan sebagai pengelola PDDikti terbaik Wilayah LLDikti8. Hal ini sangat penting dan membanggakan, mengingat PDDikti menjadi indicator komitmen kami untuk menghadirkan penyelenggaraan pendidikan yang legal, aman, terpercaya, sesuai regulasi dan arah kebijakan pemerintah.  

Kinerja menjadi konstruk multidimensi dan kriteria penting mementukan keberhasilan STIKES Wira Medika Bali. Tinggi rendahnya kinerja organisasi tergantung pada tingkat kinerja SDM yang kami miliki. Oleh karena itu pemberdayaan dan peningkatan mutu SDM dilakukan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Meningkatkan kompetensi, motivasi, komitmen dan membangun budaya berbasis kinerja melalui penerapan sistem remunerasi. Seluruh dosen telah tersertifikasi nasional dengan 5 Doktor dan secara bertahap kami menugaskan Dosen untuk melanjutkan studi doctoral yang linier serta sesuai kebutuhan program studi dan perguruan tinggi.

Kinerja penelitian menunjukkan peningkatan dalam 3 tahun terakhir. Kami memiliki 48 Author dengan 56 artikel terpublish pada jurnal terakreditasi nasional dan 21 artikel terindeks scopus dengan persentase 4,76% Q1, 9.53% Q2, 33.33% Q3 dan 47,62% Q4. Pengabdian Dosen berfokus pada pemberdayaan masyarakat dilakukan diseluruh wilayah Provinsi Bali dengan 36 kegiatan yang mengangkat isu nasional dan terpublish pada jurnal nasional.    

“Tahun ini, kami kembali mengadakan international virtual exchange program melibatkan mahasiswa dari Program Studi RMIK, TLM dan Keperawatan dengan Institute of Nursing Suranaree University of Technology Thailand, Faculty of Health Sciences Akita University Japan dan Vives University of Applied Sciences Belgium,”ucapnya

Seluruh program ini merupakan penjabaran dari visi kami menjadi pusat pendidikan kesehatan yang berdaya saing nasional dan internasional dengan kolaborasi melalui ikatan Kerjasama. Kami memiliki 93 MoU dalam Negeri dan 13 MoU Luar Negeri yang terlaporkan pada laporkerma kemdikbud.

Aset utama STIKes Wira Medika Bali dalam pengembangan aspek sumber daya manusia terletak pada mahasiswa yang merupakan core dari perguruan tinggi. Sampai saat ini kami memilki Mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan akademik dan non akademik untuk mengembangkan kualitas diri yang diarahkan pada program kampus merdeka. Kegiatan dan prestasi mahasiswa tingkat nasional dan internasional seperti IMATELKI Competition Scientific dan kegiatan the 1 International Conference on Medical Laboratory Technology (ICoMLT) telah menempatkan STIKES Wira Medika Bali memperoleh predikat Baik Sekali untuk kegiatan kemahasiswaan secara nasional.

Alumni STIKES Wira Medika Bali melalui tracer study hanya membutuhkan 3.5 bulan untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Alumni tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan luar negeri diantaranya di Belanda dan Jepang melalui penguatan program Pusat Karir.  

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *