LLDIKTI Wilayah VIII MoU dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Bali

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T menerima audiensi Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Bali untuk membahas Kerjasama Penanggulangan Bencana di sektor Pendidikan. Audiensi ini dilaksanakan di Kantor LLDIKTI Wilayah VIII pada Selasa, 20 September 2022.

Kepala LLDikti Wilayah VIII I Gusti Lanang Bagus Eratodi menyampaikan Terkait dengan kerjasama ini, pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di masing-masing PTS bisa ditambahkan materi tentang Kampus Tangguh Bencana.

Bulan penanggulangan resiko bencana adalah di bulan Oktober ini dan direncanakan untuk penandatanganan MoU antara LLDikti Wilayah VIII dengan Gubernur Bali, kemudian BPBD dengan Aptisi Bali.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin menyampaikan bahwa, Ia melanjutan komunikasi yang pernah terjalin dengan Prof Dasi ketika menjabat sebagai kepala.  Pihaknya sudah ada kesepakatan akan menjalin MoU dengan Pemprov Bali.

Berkaitan dengan Perguruan Tinggi yang ingin disasar, Gubernur Bali I Wayan Koster juga berharap sektor pendidikan termasuk perguruan tinggi, berkomitmen bali tangguh terhadap bencana, mulai dengan kampus tangguh bencana, dengan mengedukasi di setiap kampus.

Sementara Gede Sudiartha, Ketua Harian Forum Pengurangan Resiko Bencana Provinsi Bali mengatakan bahwa, Ia harus menjalin kolaborasi dengan Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dimasukan di komponen Perguruan Tinggi dalam mengurangi resiko bencana. Contohnya adalah  KKN Tematik membangun desa tangguh bencana dan mata kuliah lokal manajemen bencana.

“Saat ini ada 10 Perguruan Tinggi sudah siap mendukung program pemerintah pengurangan resiko bencana pada tanggal 9 Oktober 2022. Kami berharap LLDikti bisa mendorong Perguruan Tinggi lain untuk ikut mendukung program ini,”ucapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *