Universitas Warmadewa Meluluskan 1.332 Mahasiswa

Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Upacara Wisuda ke-70 Periode III Tahun 2022, Sabtu (17/9) ini. Sebanyak 1.332 orang lulusan akan dilepas oleh Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., bersama para Wakil Rektor. Upacara wisuda digelar secara offline di areal kampus setempat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Menariknya, wisuda kali ini bersamaan dengan Puncak Perayaan Dies Natalis ke-38 Unwar.

Dari 1.332 orang lulusan yang diwisuda, terdiri dari Program Sarjana (S1) sebanyak 1.240 orang dengan rincian Fakultas Ekonomi 616 orang, Fakultas Hukum 133 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 37 orang, Fakultas Sastra 66 orang, Fakultas Pertanian 50 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 237 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 101 orang, dan Program Pascasarjana sebanyak 92 orang. Dengan demikian, hingga saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 38.564 orang dan Jumlah mahasiswa Aktif 12.939 orang.

Wisudawan Terbaik dari Program Sarjana diraih oleh  Gusti Ayu Mirah Shinta Dewi dengan IPK 3,97 dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Wisudawan Terbaik dari Program Pasca Sarjana diraih oleh I Putu Yudistira Pramana Putra, S.T., M.M., dengan IPK 4,00 dari Prodi Magister Manajemen Program Pascasarjana.

Luaran pendidikan yang dihasilkan dari seluruh Wisuda kali ini, yaitu untuk program S1 lulus tepat waktu sebanyak 1.016 orang (81,94%) dan Indek Prestasi di atas 3,25 sebanyak 1.080 orang (87,10 %). Untuk program S2 yang lulus tepat waktu sebanyak 81 orang (88,04%), dan Indek Prestasi di atas 3,5 sebanyak 87 orang (94.57%). Sedangkan Penyelesaian tugas akhir untuk semua program selama 6 bulan sebanyak 963 orang (73.34%). Sementara itu, dari hasil tracer tahun 2022, masa tunggu rata-rata 4.29 bulan, yang mendapat pekerjaan sebanyak 71.16%, berwiraswasta 9,9 % dengan gaji pertama rata-rata Rp. 3.300.605.

Rektor Unwar, Prof. Widjana, menyampaikan capaian akademik dan non akademik mahasiswa Unwar Tahun Akademik 2022/2023. Untuk bidang akademik tingkat internasional mahasiswa Unwar berhasil meraih juara I dan juara II World Young Inventtors Exhibition tahun 2022 di Malaysia. Sedangkan untuk non akademik, diantaranya juara I kegiatan 10th Perisasi Diri International Championship 2022 dan 24 prestasi lainnya.

Untuk bidang akademik di tingkat nasional mahasiswa Unwar salah satunya meraih juara I Alsa English Touerny di Brawijaya dan 14 prestasi lainnya. Sedangkan, dalam bidang non akademik ditingkat nasional, yaitu Juara I Kejuaraan Prestasi Pencak Silat Bali Championship II Tahun 2022 dalam 9 kategori, dan 35 prestasi lainnya.

Terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Prof. Widjana menyampaikan bahwa Unwar menjadi salah satu universitas di Indonesia yang sangat aktif mengikuti MBKM, dan telah mendapatkan sejumlah awards, diantaranya; Matching Fund, Mitra, Compotitive Fund, PKKM, PMM (Inbound dan Outbound), IISMA, Asisten Mengajar hingga Program Magang dan Studi Independen bersertifkat. Total dana yang didapatkan Rp8,112 miliar lebih.

Sementara itu, terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi sebanyak 286 judul penelitian, 254 judul PKM, dan 466 publikasi jurnal nasional, serta lainnya telah dihasilkan para dosen Unwar. “Kami memiliki dosen 446 orang, terdiri dari 15 orang Guru Besar, Lektor Kepala 129 orang, Lektor 129 orang, Asisten Ahli 82 orang, Dosen Baru 99 orang dengan kualifikasi akdemik Doktor sebanyak 126 orang, sedangkan tenaga pendidik 251 orang,” ungkap Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orangtua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. “Keberhasilan hari ini hanyalah tujuan antara tujuan sesungguhnya adalah menjadikan ilmu dan skil para wisudawan dapat berguna bagi banyak orang. Jadilah yang terbaik, terdepan, dan jadilah insan yang berguna,” pungkasnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., merasa bangga karena hari ini Unwar kembali melahirkan wisudawan-wisudawan yang sudah siap untuk bekerja. Ia berharap apa yang diperoleh selama di bangku kuliah dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ia menyampaikan bahwa kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkualitas. Saat ini kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kerangka untuk menyiapkan mahaiswa menjadi sarjana yang tangguh dan siap menjadi pemimpin. Dalam kesempatan ini, ia juga mengucapkan selamat Dies Natalis ke-38 Unwar dan berharap kedepan Unwar akan semakin eksis serta mampu menghasilkan sarjana yang berkualitas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *