STISIP Mbojo Bima Meluluskan 264 Mahasiswa

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T,.M.T yang diwakilkan oleh I Wayan Sudarma, S.Sos,.M.Ap menghadiri Wisuda STISIP Mbojo Bima ke XLV Sarjana Strata Satu Tahun Akademik 2021/2022. Wisuda ini meluluskan 264 Mahasiswa pada Rabu, 31 Agustus 2022 di Gedung Mahasiswa & Alumni STISIP Mbojo Bima

Dalam sambutnnya mengatakan bahwa, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII mengucapkan selamat kepada Pengurus Yayasan Pembina Pendidikan Mbojo atas terselenggaranya acara ini. Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab STISIP Mbojo Bima kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama STISIP Mbojo Bima.

“Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di STISIP Mbojo Bima. Kepada orang tua, orang tua asuh, donatur, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka. Tak lupa, yang tak kalah pentingnya adalah ucapan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf STISIP Mbojon Bima atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa, hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya, dan diwisuda pada pagi yang bahagia ini,” ucapnya.

Di era kekinian persaingan tidak hanya terjadi di tingkat pencari kerja saja. Akan tetapi pengelola Perguruan Tinggi tidak luput pula dengan persaingan. Perguruan Tinggi wajib meningkatkan mutu pendidikan secara sistematik dan berkelanjutan. Bahkan sekarang berbagai peraturan telah diterbitkan oleh pemerintah untuk menjadi acuan atau pedoman dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Sebagai jawaban atau bukti pengelolaan Perguruan Tinggi yang berkualitas dapat dilihat dari pencapaian Akreditasinya, baik Akreditasi Program Studi maupun Akreditasi Institusi.

Pencapaian Akreditasi dengan permendikbud No. 87 tahun 2014 tentang Akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi tidak dapat terwujud begitu saja, perlu dan butuh kerjasama atau sinergi antara seluruh pemangku kepentingan dari perguruan tinggi itu sendiri. Sementara itu terhadap pemberlakukan Peraturan BAN PT N0 1 tahun 2020 tentang mekanisme akreditasi akan dapat terwujud jika seluruh Civitas Akademika bekerja dengan focus, serius, lurus, kontinus dan tulus.

Pengelola dan Penyelenggara Pendidikan Tinggi saat ini tidak lagi bisa bekerja tanpa berbasis data dan regulasi dengan tumpuan pada pola recording dan reporting yang baik benar dan sistematik serta akuntable.

Disisi lain, pengelola Perguruan Tinggi disamping dituntut secara terus menerus meningkatkan kualitas, juga dituntut untuk mampu berubah pola pikir (mindset) mahasiswa selama mengikuti pendidikan. Mahasiswa wajib mampu melakukan berbagai improvisasi yang mengarah kepada hal-hal yang inovatif, produktif dan efektif, sehingga mereka menjadi tunas-tunas muda yang dinamis, progresif dan mandiri, serta dengan diluncurkannya MBKM ini juga dituntut bagaimana perguruan tinggi dan mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan baik.

Ia juga menyampaikan bahwa, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII masih menyediakan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa baru yang kurang mampu secara ekonomi tetapi berpotensi akademik baik (KIP Kuliah) yang membebaskan dari pembiayaan sampai menyelesaikan pendidikan, yang sudah ditetapkan dengan permendikbudristek No 10 tahun 2020 tentang progran Indonesia Pintar. Beasiswa luar dan dalam negeri untuk dosen tetap, bantuan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang baik ini, kami juga ingin menyampaikan agar para alumni tidak lupa mengisi form tracer study secara online yang nantinya akan disediakan oleh STISIP Mbojo Bima, melalui domain pkts.tracerstudy.kemdikbud.go.id. Hal ini menjadi penting karena akan memberikan informasi mengenai hubungan antara dunia pendidikan tinggi dengan dunia Kerja, dan menjadi sangat penting pula bagi institusi sebagai acuan untuk syarat mengajukan akredistasi.

“Semoga kita senantiasa berada dalam bimbingan dan lindungan Tuhan yang Maha Esa. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh civitas akademika STISIP Mbojo Bima karena sudah melaksanankan wisuda dengan baik dan juga kepada para wisudawan sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses atas gelar yang diraihnya. Semoga kelak akan menjadi manusia yang berhasil dan berguna bagi nusa bangsa sesuai dengan harapan dan citi-citanya,”ucapnya

#lldikti8 #lldiktibalintb #Wisuda #STISIPMbojo

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *