PKKMB Dapat Melatih Kerjasama dan Mental Mahasiswa

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi,S.T,.M.T yang di wakilkan oleh I Wayan Sudarma, S.Sos,.M.Ap menghadiri Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali, Denpasar Tahun Akademik 2022/2023 yang diikuti oleh 155 Mahasiswa. PKKMB tersebut dilaksanakan di Hotel Puri Saron Gatsu pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Dalam Sambutannya mengatakan bahwa, Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sangat bermanfaat untuk memberikan pembekalan, untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan dihadapi selama perkuliahan, yang tentunya sangat berbeda dengan kehidupan di masa sekolah menengah. Selain itu, PKKMB juga sekaligus dimaksudkan untuk dapat melatih kerjasama, melatih mental, sarana membangun relasi dengan teman, senior dan dosen serta mengenal budaya kampus yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi selama perkuliahan maupun kelak nanti setelah lulus.

Ia berharapkan kepada seluruh mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali, Denpasar tahun akademik 2022/2023 dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh belajar meraih pendidikan tinggi, serta sekaligus dapat aktif dalam menambah pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi digital secara cerdas, sehingga kelak menjadi insan intelektual yang berwawasan global, kreatif dan inovatif, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai, jati diri, dan karakter kebangsaan karena Anda semua akan menjadi tumpuan perubahan bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia

Perguruan Tinggi sangat berperan penting tidak saja sebagai lembaga pencetak sumber daya manusia yang terdidik dan terampil, tapi juga pemimpin dan pemikir bangsa yang mampu menjawab berbagai tantangan zaman. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, saya mendorong agar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali, Denpasar dapat terus meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan riset dan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, serta meningkatkan kerjasama dan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI), termasuk juga kolaborasi dengan perguruan tinggi lainnya. Perguruan Tinggi adalah mitra strategis pemerintah dalam membangun kemajuan bangsa dan negara.

Di masa lalu mahasiswa tidak memiliki fleksibilitas di dalam belajar. Semua kegiatan belajar dimaknai secara rakitan, dengan satuan kredit semester, hingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa di luar kampus, di luar ruang kuliah, di luar lecture, tidak bisa diakui sebagai pembelajaran. Saat ini SKS diartikan dalam jam kegiatan sehingga ada fleksibilitas bagi mahasiswa menuntut ilmu, baik secara tatap muka perkuliahan, maupun kegiatan lainnya seperti magang, mengajar di desa, dan lain sebagainya.

Berbagai kegiatan di luar kampus ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk memberikan solusi atas permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Kampus merdeka mendorong kita sebagai pelajar sepanjang hayat, keharusan untuk terus belajar, menggali bakat dan minat, dan meningkatkan keunggulan kompetensi di era baru pendidikan, era Revolusi Industri 4.0. Kreativitas dan inovasi bisa terpacu dengan gotong royong banyak pihak. Kompetensi dan kolaborasi dapat lebih diasah melalui berbagai macam program kampus merdeka.

Pendidikan adalah kunci solusi atas krisis pembelajaran dan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa. Mahasiswa diharapkan menjadi agen perubahan, dan penggerak untuk menghasilkan berbagai solusi untuk bangsa. Ubah paradigma belajar di perguruan tinggi menjadi kuliah untuk belajar. Belajar bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bukan hanya sekadar kuliah untuk bekerja. Mari sama-sama belajar dan terus haus belajar untuk menjadi manusia yang merdeka. Selamat mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

#lldikti8 #lldiktibalintb #PKKMB #KampusMerdeka #MerdekaBelajar #StikesBinaUsada

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *