Filosofi dan Visualisasi Logo: HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Berikut pembahasan mengenai filosofi logo dan arti logo Hari Kemerdekaan Indonesia atau Hut RI Ke 77 Tahun. Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dan dimana setiap tahunnya pasti pemerintah merilis Logo Resmi HUT RI. Dalam Logo resmi HUT RI setiap tahunnya memiliki arti dan filosofi yang berbeda – beda. Simak arti filosofi dari logo resmi HUT RI Ke 77 Tahun disini yaaa

Filosofi Logo 17 Agustus 2022

Mengutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) yang telah mengumumkan Logo 17 Agustus 2022 pada tanggal 12 Juli 2022 lalu, didapati Tema Besar Peringatan 77 Tahun Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022. Surat edaran tersebut memuat Tema, Logo dan ajakan partisipasi seluruh pihak untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Logo resmi tersebut secara sah dijadikan identitas HUT RI ke-77.

Logo resmi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini memiliki dua variasi warna, diantaranya Merah dan Putih.

Mengutip dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia didapati Karakter Visual yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global. Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” menuju Indonesia maju.

Dalam karakter visual yang telah dipublikasikan, terselip filosofi yang sangat bermakna dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut adalah makna filosofis yang terkandung dalam Logo tersebut:

1. Dua Panah ke Atas (Percepatan dan Pergerakan)

Bentuk angka 77 menyerupai dua panah ke atas melambangkan gerak percepatan dalam memperbaiki kondisi Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

2. Dua Anak Tangga (Progres dan Pembangunan)

Dua garis mendatar membentuk tangga yang mengarah ke atas melambangkan progress dan pembangunan segala sektor di Indonesia.

3. Bagian Atas Terpotong (Demokrasi dan Keterbukaan)

Bagian atas terpotong melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global untuk bergerak secara bebas aktif bersama dalam pemulihan kondisi dunia.

4. Garis Miring dan Sudut Runcing (Semangat Juang dan Garuda Pancasila)

Garis miring dan sudut runcing, yang terinspirasi dari bambu runcing dan kepala Garuda Pancasila, melambangkan semangat pejuang untuk bangkit lebih kuat dan tangguh.

5. Dua Garis Melengkung (Sinergi dan Harapan)

Dua garis melengkung melambangkan sinergi pemerintah dan masyarakat dalam bergotong royong dan bergerak berdampingan secara fleksibel dan dinamis menuju satu arah, menuju Indonesia Maju.

6. Sudut Penghubung (Penghubung antar Bangsa)

Sudut penghubung melambangkan peran Indonesia pada forum G20 dalam mempersatukan suara negara-negara maju untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang dihadapi dunia.

7. Siluet Angka 1 (Persatuan Indonesia)

Siluet angka satu melambangkan semangat persatuan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia yang besar, kuat, dan bersatu.

Dalam logo resmi Peringatan 17 Agustus 2022 yang berbentuk angka 77 tersebut, juga tertulis tema besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang berada di samping kanan angka 77. Logo resmi 17 Agustus 2022 dan tema HUT Kemerdekaan ke-77 RI secara visual tergabung menjadi slogan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022.

Makna Tema Besar HUT Kemerdekaan RI ke-77

Hal penting yang melatarbelakangi Tema Besar HUT Kemerdekaan RI ke-77 Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” adalah Peristiwa yang kita alami selama kurang lebih Dua Tahun ini. Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan.

Kita bersama-sama melihat bagaimana kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Gambaran Besar Arti Identitas Visual HUT Kemerdekaan RI ke-77

Berikut adalah gambaran besar identitas visual Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 berdasarkan tema besar yang diangkat:

Gambaran Besar Arti Identitas Visual HUT Kemerdekaan RI ke-77
  1. Semangat Bangkit
  2. Bersinergi
  3. Harapan Baik
  4. Pulih Bersama
  5. Kuat
  6. Persatuan Bangsa
  7. Percepatan

Demikianlah ulasan dan penjelasan mengenai Identitas Visual HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia beserta Tema Besar dan Makna Filosofinya, mari kita bersama-sama menyemarakkan Peringatan HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Indonesia.

Untuk mengakses Visualisasi Logo tersebut, kalian bisa klik dibawah ini

Filosofi dan Visualisasi Logo: HUT ke-77 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *