Evaluasi Lapangan STIKES Kesdam IX/Udayana

Hallo #Semetonlldikti8

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi menyelenggarakan Evaluasi Lapangan ke Perguruan Tinggi di STIKES Kesdam IX/Udayana yang berada  di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VIII pada Jumat, Jumat 15 Juli 2022 di STIKES Kesdam IX/Udayana.

Evaluasi tersebut dalam rangka usulan penyelenggaraan Program Studi Keperawatan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Ners Program Profesi STIKES Kesdam IX/Udayana sehingga perlu dilakukan evaluasi lapangan terhadap program studi yang diajukan tersebut.

Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Dr I Gusti Lanang Bagus Eratodi S.T,.M.T yang dibacakan oleh Tim LLDIKTI Komang Ada Gelgel Suryawan S.Kom mengakatan bahwa, Peradaban Dunia semakin baru, pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, di era revolusi industri 4.0 pendidikan dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai fasilitas untuk memperlancar proses pembelajaran, belum selesai perguruan tinggi menyesuaikan dengan era revolusi industri 4.0 ini, sekarang kita menyongsong era society 5.0 atau super smart society, konsep ini menuntut manusia untuk dapat lebih memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berfikir kritis, dan kreatif dalam mengatasi paradigma dari kemajuan revolusi industri 4.0. Untuk menyambut era society 5.0 perguruan tinggi mau tidak mau harus mempersiapkan infrastruktur digital, mempersiapkan kebijakan dan regulasi yang tepat serta tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki skill teknologi informasi untuk dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif, selain itu juga mempersiapkan kurikulum yang mampu mengarahkan dan membentuk karakter mahasiswa agar siap menghadapi era society 5.0. Perguruan tinggi harus berubah, harus mampu beradaptasi, bila tidak, maka perguruan tinggi dapat kehilangan relevansinya dan ditinggalkan

Perguruan Tinggi tentu harus selalu melakukan pengembangan untuk menjaga eksistensinya, salah satu cara yang dapat dilakukan selain meningkatkan akreditasi program studi dan perguruan tinggi adalah membuka program studi baru yang relevan dengan kebutuhan industri. Dalam membuka program studi ada banyak hal harus dipersiapkan untuk mendapatkan izin, namun ada 3 (tiga) hal penting, yaitu; (1). Sumber Daya Manusia, dalam hal ini Dosen dan tenaga kependidikan harus betul-betul dicermati kesesuaian kualifikasi akademiknya dengan program studi yang akan dibuka,dipastikan yang bersangkutan terdaftar di PDDIKTI, dan jumlahnya memenuhi jumlah minimum sesuai permendikbud No. 7 Tahun 2020. (2). Sarana dan prasarana, keberadaan Sarana dan prasarana menjadi sangat penting untuk menunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi sehingga harus disiapkan dan ditangani  secara profesional, sarana dan prasarana setiap program studi tentu berbeda-beda sesuai dengan nomenklatur program studi yang akan dibuka; dan (3). Kurikulum harus benar-benar disusun berdasarkan kompetensi lulusan, berpedoman pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan KKNI, susunlah kurikulum yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengambil mata kuliah di luar program studi untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuannya.

STIKES Kesdam IX/Udayana adalah salah satu perguruan tinggi di wilayah LLDIKTI VIII yang terakreditasi dengan peringkat C, semula berbentuk Akademi namun ditahun 2020 berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi, bila usulan pembukaan program studi Keperawatan Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Ners disetujui maka STIKES Kesdam IX/Udayana telah selangkah lebih dekat untuk menjadi Institut. Bapak dan Ibu semoga kegiatan evaluasi lapangan pada hari ini dapat  berjalan dengan baik dan kita bisa terus bersinergi untuk penyelenggaraan Pendidikan Tinggi yang lebih baik lagi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *