Pelayanan Jabatan Akademik Dosen dengan CINTA KASIH

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII menyelenggarakan Rapat Tim Penilai Jabatan Akademik Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar yang mengusung tema: “Pelayanan Jabatan Akademik Dosen dengan CINTA KASIH”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Jl. Gatot Subroto Barat No.283, Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali selama satu malam, yaitu tanggal 29 s.d. 30 Juni 2022.

       LLDikti Wilayah VIII berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan fungsi yang diamanatkan pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 35 Tahun 2021 kepada seluruh pemangku kepentingan, melalui pelayanan dengan semboyan “CINTA KASIH”, yaitu Cerdas, Integritas, Norma, Transparan, Arif, Kreatif, Adaptif, Sensitif, Inovatif, dan Harmoni. Dengan demikian LLDikti Wilayah VIII terus berupaya meningkatkan pelayanan dan memproses usulan jabatan akademik dosen dengan CINTA KASIH, yakni dengan melaksanakan kegiatan Rapat Tim Penilai Jabatan Akademik Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar. Untuk menyamakan persepsi kebijakan pemerintah tentang Jabatan Akademik Dosen terutama dalam hal Penilaian Angka Kredit Dosen dan Penyesuaian Pedoman Operasional Kenaikan Jabatan Akademik Dosen.

   Jabatan fungsional dosen bisa juga disebut Jabatan akademik dosen adalah kedudukan yang menunjukan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang dosen dalam suatu satuan pendidikan tinggi yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada keahlian tertentu serta bersifat mandiri serta pada dasarnya merupakan pengakuan, penghargaan, dan kepercayaan atas kompetensi. Selain iu, Jabatan fungsional diharapkan dapat berfungsi juga sebagai insentif non materi bagi dosen untuk bekerja lebih giat, lebih kreatif dan lebih baik lagi.

Pada tahun 2021 terdata sebanyak 728 usulan jabatan akademik Asisten Ahli dan Lektor dan selesai diproses sebanyak 680 usulan. Kemudian sampai dengan bulan Mei 2022 jumlah usulan yang sudah selesai diproses adalah 276 usulan, yakni Asisten Ahli 150 sebanyak 135 usulan, Lektor 200 sebanyak 61 usulan dan Lektor 300 sebanyak 80 usulan. Kendala utama penilaian usulan jabatan akademik Asisten Ahli dan Lektor adalah belum memenuhi syarat khusus, masih adanya usulan yang tidak adanya  kesesuaian kualifikasi akademik, penugasan dosen dan bidang ilmu yang disusulkan. Kemudian masih ditemukan oleh tim bahwa karya ilmiah yang disampaikan tidak relevan antara kompetensi dosen dengan substansi karya ilmiah, serta belum sesuainya antara lingkup/subyek area jurnal dengan karya ilmiah. Sedangkan untuk memeriksa apakah karya ilmiah tersebut tidak plagiat masih menggunakan berkas surat pernyataan bebas plagiat.

Berdasarkan data PDDikti per 13 Mei 2022 total dosen tetap di LLDIKTI Wilayah VIII adalah 6.958 orang, dengan jabatan akademik Asisten Ahli sebanyak 2.289 orang, Lektor sebanyak 2.093, Lektor Kepala sebanyak 421 orang dan Guru Besar 29 orang. Sedangkan 2.126 orang dosen belum memiliki jabatan akademik / tenaga pengajar. Sumber Daya Manusia adalah komponen utama dalam pemeringkatan Perguruan tinggi. LLDikti Wilayah VIII akan terus memberikan pelayanan dan memotivasi dosen agar terus meningkatan jabatan akademik. Sehingga, peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di LLDIKTI Wilayah VIII dapat terwujud.

LLDIKTI terdapat tujuh unsur pernyataan yang memiliki nilai rata rata dibawah skor 3 (tiga), yaitu bimtek penulisan karya ilmiah bagi calon professor,  program akselarasi profesor, insentif hibah penelitian bagi calon profesor, ketersediaan sistem aplikasi penilaian angka kredit, program akselarasi lainnya, ketersediaan plagiarism checker dan peranan dewan/komisi etik. Dari pernyataan tersebut hampir semua yang memiliki nilai terkecil merupakan bagian dari unsur penilaian kelembagaan perguruan tinggi. Sehingga ketujuh unsur pernyataan tersebut merupakan prioritas utama yang harus dibenahi PTS dan didukung oleh LDikti Wilayah VIII dalam rangka menunjang peningkatan karir dosen pada perguruan tinggi.

Permasalah tersebut di atas memang berbanding lurus dengan minimnya jumlah guru besar di LLdikti Wilayah VIII, yakni hanya 29 orang dari 6.958 orang. Pada tahun 2021 jumlah usulan guru besar adalah sebanyak 2 ajuan dan Lektor Kepala sebanyak 21 ajuan. Sehingga ada  23 ajuan yang kita proses di tahun 2021. Kemudian Guru Besar yang berhasil terbit SKnya adalah 2 orang Guru Besar dan Lektor Kepala sebanyak 21 orang dosen. Pada bulan Januari 2022 sampai dengan Mei 2022 SK Guru Besar yang keluar sebanyak satu orang dan Lektor Kepala sebanyak sembilan orang. Sedangkan sampai bulan Juni 2022, tiga usulan Guru Besar dan sembilan usulan Lektor Kepala masih dalam proses pengusulan.

Pada tahun 2022 dan 2023 akan semakin banyak usulan karena jumlah LK pensiun akan semakin banyak khususnya yang PNS DPK. Jumlah dosen S3 juga meningkat di LLDikti Wilayah VIII yang pastinya dipenetrasi agar mengusulkan LK dan GB jika sudah memenuhi persyaratan. Kegiatan penyamaan persepsi tentang pengusulan jabatan akademik untuk TIM PAK PTS akan dilakukan secara online melalui webinar dan offline dengan visit langsung ke PTS sesuai dengan hasil pemetaan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *