5 Desain Slide Presentasi Yang Visual dan Menarik Dengan Shape, Gambar Foto dan Icon

Ketika Anda melakukan presentasi berarti Anda melakukan komunikasi dengan audiens Anda. Disini secara bersamaan Anda melakukan komunikasi verbal dan visual. Komunikasi verbal adalah kata-kata yang Anda sampaikan pada audiens Anda. Sementara, komunikasi visual adalah apa yang Anda tampilkan di dalam slide presentasi.

Slide presentasi yang ditampilkan dalam bentuk visual merupakan hal yang sangat penting. Menurut Wharton School of Business dalam studinya yang disampaikan di https://neomam.com/interactive/13reasons/ menjelaskan bahwa perpaduan antara kekuatan verbal yang disertai dengan tampilan visual akan mampu memberikan pengaruh kepada 67 % audiens.

Slide yang bagus merupakan slide yang visual dan menarik. Slide tersebut bisa mempengaruhi perasaan audiens, menjadikan audiens bersemangat, berpikir, gembira, bahkan sampai mengambil keputusan untuk menerima ide yang Anda sampaikan.

Supaya slide yang Anda sajikan dapat menjadi alat bantu komunikasi visual, maka slide yang Anda buat mesti mencerminkan pesan yang hendak Anda kemukakan. Jika Anda menggunakan gambar, maka gambar tersebut harus relevan dengan pesan yang akan Anda sampaikan.

Selain itu, buatlah slide yang enak dipandang oleh audiens Anda. Slide tersebut harus menarik untuk dilihat dan mampu membuat audiens bersemangat untuk memahami presentasi Anda.

Tambahan pula, buatlah slide yang indah. Slide yang indah mampu menghadirkan kegembiraan bagi audiens Anda yang pada gilirannya audiens Anda dapat dengan mudah menerima ide-ide yang Anda sampaikan.

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah slide yang dibuat penuh dengan tulisan yang panjang-panjang. Jika Anda membuat slide presentasi seperti itu, maka Anda akan membuat bosan audiens Anda.

Cara yang efektif adalah buatlah slide yang berisi ringkasan gagasan yang dapat berupa gambar, diagram atau kata kunci yang sederhana. Rancanglah slide presentasi Anda sedemikian rupa, sehingga audiens Anda yang melihatnya akan dapat menangkap maksud slide tersebut.

Setelah itu, bimbinglah audiens Anda untuk memahami maksud slide tersebut. Jelaskan makna gambar yang Anda sajikan dalam slide presentasi Anda dan juga berikan penjelasan lebih rinci dari kata kunci yang ditampilkan di slide presentasi Anda.

Sesungguhnya membuat slide yang visual dan menarik tidaklah sulit. Anda dapat mengkolaborasikan shape, gambar foto atau icon. Dibantu dengan fitur merge shape, maka Anda dapat membuat slide presentasi yang mengesankan audiens Anda.

Berikut ini ada 5 model desain slide presentasi yang visual dan menarik yang dapat Anda jadikan ide bagi penyiapan bahan presentasi Anda.

Mari kita bahas satu per satu kelima desain slide presentasi tersebut.

Desain # 1 : Shape dan Gambar Foto

Slide di atas dibuat hanya dengan menggunakan gambar yang dimasukan ke dalam shape rectangle rounded corners dengan menggunakan fitur merge shape. Membuat slide presentasi di atas sangat sederhana dan mudah. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Masukan empat shape rectangle rounded corners.
  2. Masukan gambar foto yang relevan dengan kata kuncinya ke dalam shape tersebut dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Gambar foto yang sudah masuk ke dalam shape lakukan penyesuaian dengan mengklik gambar foto tersebut, klik fitur shape format/format, klik fitur crop, kemudian lakukan penyesuaian gambar foto aslinya dengan menarik ujung foto ke dalam shape.
  4. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di bawah gambar foto.

Desain # 2 : Shape dan Icon

Slide di atas adalah variasi pertama dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat hanya menggunakan shape, icon dan kata kunci. Sekalipun slide di atas dibuat tanpa gambar foto, slide tersebut tetap dapat tampil visual dan menarik. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan empat shape rectangle rounded corners.
  2. Masukan empat shape oval yang diisi dengan icon
  3. Masukan empat shape isosceles triangles yang diputar balik 180dan diberi nomor 1,2,3 dan 4.
  4. Masukan shape rectangle dari ujung kiri sampai ujung kanan slide untuk mempercantik tampilan slide.
  5. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di dalam masing-masing shape rectangle rounded corners.

Desain # 3 : Shape dan Gambar Foto

Slide di atas merupakan variasi kedua dari model desain slide # 1. Sesungguhnya, slide diatas mirip dengan model desain slide # 1. Yang membedakan adalah shape menggunakan bentuk oval. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan empat shape oval.
  2. Masukan gambar foto yang relevan dengan kata kuncinya ke dalam shape tersebut dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Gambar foto yang sudah masuk ke dalam shape lakukan penyesuaian dengan mengklik gambar foto tersebut, klik fitur shape format/format, klik fitur crop, kemudian lakukan penyesuaian gambar foto aslinya dengan menarik ujung foto ke dalam shape.
  4. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di bawah gambar foto.

Desain # 4 : Shape, Gambar Foto dan Icon

Slide di atas adalah variasi ketiga dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat dengan menggunakan shape, gambar foto, icon dan kata kunci. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan dua shape oval dengan titik pusat yang sama.
  2. Masukan gambar foto ke dalam shape oval yang lebih kecil dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Masukan empat shape arrow pentagon.
  4. Masukan empat shape oval pada empat shape arrow pentagon yang diisi empat icon.
  5. Tambahkan dua pasang shape oval yang dikecilkan seperti titik pada sisi kanan dan hubungkan dua titik tersebut dengan garis. Hal yang sama dilakukan pada sisi kiri.
  6. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci ke dalam empat shape arrow pentagon.

Desain # 5 : Shape, Gambar Foto dan Icon

Slide di atas merupakan variasi keempat dari model desain slide # 1. Slide tersebut dibuat dengan menggunakan shape, gambar foto, icon dan kata kunci. Langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat slide tersebut adalah :

  1. Masukan dua shape oval dengan titik pusat yang sama.
  2. Masukan gambar foto ke dalam shape oval yang lebih kecil dengan menggunakan fitur merge shape.
  3. Shape oval yang kedua dibuat garis dengan menghilangkan shapenya dengan menggunakan fitur shape fill.
  4. Masukan empat shape oval yang diisi empat icon.
  5. Tambahkan pesan yang berupa kata kunci di sebelah empat shape oval yang berisi icon.

Dalam mempresentasikan kelima slide di atas, Anda dapat menggunakan animasi. Anda keluarkan satu-satu gambar foto/shape/icon dan kata kunci. Tujuannya agar audiens Anda fokus kepada gambar foto/shape/icon dan kata kunci yang Anda tampilkan. Kemudian, berikan penjelasan lebih rinci dari kata kunci tersebut.

Lakukanlah hal yang sama untuk gambar foto/shape/icon dan kata kunci kedua. Kemudian, berikan penjelasan lebih rinci dari kata kunci tersebut. Selanjutnya, lakukan hal yang sama sampai semua gambar foto/shape/icon dan kata kunci dijelaskan.

Demikianlah, 5 desain slide presentasi yang visual dan menarik dengan shape, gambar foto dan icon.

Membuat slide presentasi yang visual dan menarik sangat penting untuk Anda lakukan.

Dengan membuat slide presentasi seperti itu, maka audiens Anda akan tertarik dengan slide yang Anda tampilkan. Selain itu, audiens Anda akan mudah memahami informasi yang disajikan. Tambahan pula, audiens Anda akan dapat dibangkitkan emosinya karena keindahan slide yang Anda tampilkan.

Gunakanlah ide-ide desain slide presentasi yang dijelaskan di atas untuk presentasi Anda selanjutnya agar audiens Anda terkesan dengan slide yang Anda sampaikan. Akibatnya, audiens Anda pada akhirnya mudah untuk menerima ide-ide yang Anda jelaskan.

Jika postingan ini bermanfaat bagi Anda, maka jangan lupa bagikan postingan ini ke kolega Anda agar postingan ini juga dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Sharing knowledge for a better presentation/communication.
Erry Ricardo Nurzal

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *