Slider

Peresmian PT Bali Internasional Press sekaligus peluncuran Buku Asta Mandiri oleh Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si.

Peresmian PT Bali Internasional Press sekaligus peluncuran buku Asta Mandiri oleh Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. yang dilaksanakan di Aula Universitas Bali Internasional, Selasa 9 Februari 2021.

Peluncuran buku Delapan Manajemen Sehari-hari Menuju Sukses (Asta Mandiri) yang ditulis oleh Prof. Dasi. Dalam buku Asta Mandiri terdapat delapan pokok pembahasan yaitu pola pikir harus digunakan sebaik-baiknya untuk hidup sehat, pola tutur harus baik, pola bertindak juga akan baik, pola gerak seperti dengan berolahraga, pola istirahat, pola makan akan bagus, pola belajar, serta pola doa (dana, orang, dan alat).

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. berharap, buku tersebut bisa dibaca oleh masyarakat karena ditulis dengan bahasanya mudah dipahami dan delapan pola yang bisa dipegang teguh agar hidup menjadi sukses. Jadi bagi siapapun ini penting untuk dibaca, dan mengingatkan bagi yang terlanjur lupa. Kalau memang lupa diingatkan kembali oleh buku ini, sehingga buku ini bermanfaat.

“Perguruan Tinggi saya rasa penting karena perguruan tinggi wadahnya untuk berbagi ilmu. Jadi dengan hal ini untuk menambah referensi, minimal untuk menjadi pemimpin yang sukses di jalur kita masing-masing,” ucap Prof. Dasi. Prof. Dasi menyampaikan bahwa, inspirasi Beliau datang dari interaksi bersama teman-teman dan rekan-rekannya, jadi buku yang dihasilkan adalah tidak hanya dari diri sendiri tetapi dari banyak pihak.

Guru besar ilmu sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. memberikan testimoni terkait buku ini. Dalam testimoninya Prof. Darma Putra menyampaikan keistimewaan angka delapan dalam penulisannya selalu menyambung berbeda dengan angka lainnya. Kalau hanya berbicara saja akan menguap, tapi kalau menulis akan mengendap, dapat dibaca atau disimak kembali. “Apa yang telah dituliskan Prof. Dasi tidak akan menguap. Apa yang dituliskan adalah yang sudah biasa kita pikirkan. Penulis atau berbicara yang baik adalah bicara yang tidak menggurui, tetapi dengan memberitahu/mengingatkan pembaca jika pembaca sudah tau. Penulis yang baik akan memberikan sesuatu dan membuat pembaca menggerutu karena ingin mencari tau sesuatu itu,” ucap Prof. Darma Putra.

Sementara Rektor ITEKES Bali I Gede Putu Dharma Suyasa, S.Kp., M.Ng., Ph.D. juga memberikan testimoni untuk buku tersebut mengatakan bahwa, Prof. Dasi dalam 8 hari dapat menuliskan buku ini adalah hal yang luar biasa dan sangat inspiratif. “Gerakan mempengaruhi sikapmu, sikapmu mempengaruhi perilakumu, dan perilakumu mempengaruhi karaktermu. Ini terlihat dari gerakan Prof. Dasi yang tidak pernah slow (pelan), sikapnya yang gesit mampu menuliskan buku ini. Kesan setelah membaca buku ini, 90% yang dituliskan oleh Prof. Dasi ini adalah apa yang kita sudah tau, dengan buku ini Beliau mengingatkan kita. Seringkali kita mampu mengungkapkan ide-ide kita, tetapi belum mampu untuk menuliskannya seperti Beliau, ” ucap Dharma Suyasa.

Wakil Gubernur Bali Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. mengatakan bahwa, pemikiran dan semangat Prof. Dasi sangat saya apresiasi sekali. Cita-cita seorang guru besar bagaimana menurunkan ilmu pengetahuan yang Beliau miliki. Buku, seminar itu semua media. Prof. Dasi menggunakan media buku ini satu hal yang tidak banyak orang bisa lakukan seperti Prof. Dasi lakukan. “Semoga ini menginspirasi guru besar dan dosen yang lainnya untuk berkarya tidak saja di depan ruang kuliah tapi juga mewariskan karya-karya ilmiah untuk generasi muda,” ucap Cok Ace.

Dalam acara ini Wakil Gubernur Bali meresmikan PT Bali Internasional Press. Rektor UNBI Prof. Dr. dr. I Made Bakta Sp.PD(KHOM) dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Universitas Bali Internasional telah membentuk PT Bali Internasional Press. Hal ini melihat dari pengalaman Universitas Udayana, dimana Udayana Press adalah jendela sehingga masyarakat agar dapat melihat dapur dari Universitas Udayana. Diharapkan dengan dibentuknya PT Bali Internasional Press agar dosen-dosen dapat dirangsang untuk mau menulis, karena masyarakat pada umumnya masih lemah didalam menulis literasinya.

Kegiatan ini juga disiarkan melalui daring melalui kanal zoom dan youtube.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *