Slider

Debat Mahasiswa National University Debating Champhionship ( NUDC) 2019

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyelenggarakan Debat Mahasiswa National University Debating Champhionship ( NUDC) 2019 dengan sasaran semua mahasiswa aktif Program Sarjana atau Diploma di Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti).

Kegiatan Debat Mahasiswa National University Debating Champhionship ( NUDC) 2019 tingkat wilayah LLDIKTI Wilayah VIII dibuka langsung oleh Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII Ir Anak Agung Rai Indra Wardana,M.T yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI) pada 18 Juni 2019.

Dalam sambutannya Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII Ir Anak Agung Rai Indra Wardana,M.T menjelaskan bahwa, Sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) menetapkan pola pembinaan mahasiswa untuk memberi wadah berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya. Salah satu usaha pembinaan tersebut adalah melalui kompetisi debat, yang telah dirumuskan dalam National University Debating Championship (NUDC).

“ Kegiatan debat telah lama menjadi kebutuhan dunia akademik mahasiswa. Tuntutan kompetensi penguasaan pengetahuan dan wawasan global menjadi salah satu alasan mengapa debat perlu menjadi bagian akademik mahasiswa,”ucap Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII.

Menurutnya, kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Di dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional.

Menyadari pentingnya lomba debat bagi peningkatan kualitas lulusan dan pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan National University Debating Championship (NUDC) sejak tahun 2008. Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya. Sejak tahun 2018, NUDC menambahkan dua kategori lomba yaitu Public Speaking dan Essay Writing. Lomba non debate ini memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta NUDC untuk berpartisipasi aktif dalam kategori selain debat dengan tujuan memperkuat keterampilan berargumen dalam berkomunikasi lisan dan tulisan secara individu.

“ Marilah jadikan ajang ini sebagai upaya kita untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan, dan menciptakan kompetisi yang sehat antar  mahasiswa, meningkatkan kemampuan adik adik  untuk berpikir kritis dan analitis, sehingga mahasiswa mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis. Selain itu marilah jadikan ajang ini untuk memperkuat karakter adik adik  melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya . Sehingga dengan demikian daya saing mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia meningkat di dunia internasional,” ujarnya.

Rai Indra Wardana berharap, kegiatan ini akan berkontribusi positif tidak hanya pada pemerolehan peringkat tetapi lebih kepada proses pelatihan agar terbentuk generasi muda yang sportif, kritis dan analitis. Humas/L8.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *