Sejarah

Sejarah Singkat LLDIKTI Wilayah VIII

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta yang selanjutnya disingkat LLDIKTI adalah Pelaksana tugas di bidang pengawasan, pengendalian, dan pembinaan perguruan tinggi di suatu wilayah yang dipimpin oleh seorang Koordinator, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Keputusan Mendikbud Nomor: 0227/O/1975 tanggal 20 Oktober 1975 tentang pembagian wilayah kerja Koordinator Perguruan Tinggi Swasta, untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, seluruh wilayah Indonesia dibagi menjadi 7 (tujuh) wilayah kerja Koordinator Perguruan Tinggi Swasta yaitu:

  1. LLDIKTI Wilayah I
  2. LLDIKTI Wilayah II
  3. LLDIKTI Wilayah III
  4. LLDIKTI Wilayah IV
  5. LLDIKTI Wilayah V
  6. LLDIKTI Wilayah VI
  7. LLDIKTI Wilayah VII

Pada saat itu Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Provinsi Daerah Tingkat I Bali, Provinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Barat, Provinsi Daerah Tingkat I Nusa Tengara Timur berada di bawah koordinasi LLDIKTI Wilayah VIII yang berkedudukan di Surabaya.

Dalam rangka meningkatkan peran dan tanggung jawab perguruan tinggi swasta dalam usaha melaksanakan pendidikan nasional perlu dikembangkan kemampuan perguruan tinggi swasta berlandaskan pola pendidikan nasional dan mengindahkan ciri-ciri khas masing-masing perguruan tinggi swasta. Untuk mencapai maksud tersebut perlu dilaksanakan peningkatan dan pengembangan perguruan tinggi swasta sesuai dengan pertumbuhan dan pengembangan perguruan tinggi negeri.

Dengan terbitnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 062/O/1982 tentang organisasi dan Tata Kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta tanggal 19 Februari 1982 maka jumlah lokasi Kantor LLDIKTI adalah 9 (sembilan) buah yaitu:

  1. LLDIKTI Wilayah I di Medan
  2. LLDIKTI Wilayah II di Palembang
  3. LLDIKTI Wilayah III di Jakarta
  4. LLDIKTI Wilayah IV diBandung
  5. LLDIKTI Wilayah V di Yogyakarta
  6. LLDIKTI WilayahVI di Semarang
  7. LLDIKTI Wilayah VII di Surabaya
  8. LLDIKTI Wilayah VIII di Denpasar
  9. LLDIKTI Wilayah IX di Ujung Pandang

Dengan dikembangkannya lokasi kantor LLDIKTI dari 7 (tujuh) buah menjadi 9 (sembilan) buah maka terbentuklah LLDIKTI Wilayah VIII yang berkedudukan di Denpasar,dimana Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Propinsi Daerah Tingkat I Bali, Propinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Barat, Propinsi Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur yang tadinya berada dibawah Koordinasi LLDIKTI Wilayah VII Surabaya, sekarang berada di bawah koordinasi LLDIKTI Wilayah VIII Denpasar.

Pada awal berdirinya LLDIKTI Wilayah VIII, jumlah Perguruan Tinggi Swasta yang dibina berjumlah 17 PTS dengan rincian di Provinsi Bali 10 PTS, di Provinsi Nusa Tenggara Barat 4 (empat) PTS dan di Provinsi Nusa Tenggara Timur 3 (Tiga) PTS.Setelah berusia 17 tahun jumlah PTS yang dibina menjadi 68 PTS dengan penyebaran di Provinsi Bali 28 PTS, di Provinsi Nusa Tenggara Barat 21 PTS, di Provinsi Nusa Tenggra Timur 17 PTS dan Provinsi Timor Timur 2 (dua) PTS.

Pada tanggal 13 Mei 1998 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan danKebudayaan Nomor: 32552/C/1/1/1982 diangkat dr. Ida Bagus Oka, Rektor Universitas Udayana merangkap sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang pertama.

Setelah ditetapkan Drs. Dewa Putu Tengah sebagai Sekretaris Pelaksana, baru diadakan persiapan untuk merekrut tenaga pelaksana agar kegiatan LLDIKTI Wilayah VIII bisa berjalan. Kemudian direkrut pegawai PNS dari ASTI Denpasar sebanyak 18 orang sehingga dengan demikian tugas dan fungsi LLDIKTI baru mulai berjalan, dengan Kantor sementara di Jalan PB. Sudirman Denpasar.

Pada tahun 1985, LLDIKTI Wilayah VIII menempati Kantor baru di Banjar Tembau, Penatih, Denpsar Timur sampai saat ini. Dengan diangkatnya dr. Ida Bagus Oka sebagai Direktur SEAMEC di Bangkok, maka jabatan beliau sebagai Koordinator digantikan oleh Prof. Dr. Nyoman Sutawan dengan surat keputusan Mendikbud tanggal 6 Juni 1986 Nomor: 499/C/1986 sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang kedua.

Sedangkan Sekretaris Pelaksana Drs. Dewa Putu Tengah diangkat menjadi anggota DPR RI di Jakarta, maka jabatan sebagai Sekretaris Pelaksana diganti oleh Ir. Bagus Ketut Lodji, MS dengan surat Keputusan Mendikbud tanggal 19 Desember 1987 Nomor: 81048/A2.I.2/C/1987 sebagai Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah VIII yang kedua.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0135/O/1990 tentang Organisasi dan Tata Kerja Koordinator Perguruan Tinggi Swasta tanggal 15 Maret 1990 jumlah lokasi Kantor LLDIKTI dikembangkan menjadi 12 (dua belas) buah LLDIKTI.

Dengan diangkatnya Prof. Dr. Nyoman Sutawan sebagai Rektor Universitas Udayana, maka jabatan beliau sebagai Koordinator digantikan oleh Ir. Bagus Ketut Lodji, MS yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris pelaksana dengan Surat Keputusan Mendikbud tanggal 9 Maret 1993 Nomor: 37/C/1993 sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang ketiga hingga tahun 1999. Sedangkan Drs. Ida Bagus Surawan, BSc menjabat sebagai Sekretaris Pelaksana yang ketiga hingga tahun 2004 dengan Surat Keputusan Mendikbud tanggal 10 Agustus 1993 Nomor: 50656/A2.I.2/C/1993.

Setelah masa jabatan ketiga kalinya sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII berakhir, Ir. Bagus Ketut Lodji, MS digantikan oleh Prof. Dr. I Gede Bendesa, M.A.D.E. berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas tanggal 13 Oktober 1999 sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang keempat hingga tahun 2005.

Pada tanggal 6 Juli 2004 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 37165/A2.3/KP/2004, Sekretaris Pelaksana yang sebelumnya dijabat oleh Drs. Ida Bagus Surawan, BSc, digantikan oleh Ida Bagus Anom Sukarta, SH sampai November 2012.

Pada tanggal 29 Juni 2005 dengan Surat Keputusan Mendiknas Nomor: 104/MPN.A4/2005 diangkat Prof. Dr. Ir. Baharuddin AB, MS. sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang kelima hingga tahun 2010.

Pada tanggal 1 September 2010 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor:146/MPN.A4/KP/2010 diangkat Prof Dr. Ir. I Nyoman Sucipta, MP sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang keenam hingga tahun 2014. Pada tanggal 11 Februari 2013 berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 90/MPK.A4/KP/2013, Sekretaris Pelaksana yang sebelumnya dijabat oleh Ida Bagus Anom Sukarta, SH., M.Si., digantikan Drs. I Made Madera, MM. Pada tanggal 2 Oktober 2013, berdasarkan urat Keputusan Mendikbud Nomor: 357/MPK.A4/KP/2013, mengangkat Dr. Slamet Sholeh, M.Sc. sebagai Sekretaris Pelaksana Periode Tahun 2013 s.d. 2017. Pada tanggal 17 Oktober 2014 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 237/MPK.04/KP/2014 diangkat Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. sebagai Koordinator LLDIKTI Wilayah VIII yang ketujuh hingga tahun 2018.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2013, tanggal 2 Januari 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta, LLDIKTI Wilayah VIII merupakan Sekretariat Pelaksana tipe B. Susunan organisasi Sekretariat Pelaksana LLDIKTI Wilayah VIII adalah sebagai berikut:

  1. Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kelembagaan:
    Drs. I Ketut Sudarwa. dan terdiri atas:
    • Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan:
      Gusti Komang Arta Sutangga, S.E., M.M.
    • Kepala Seksi Kelembagaan dan Kerjasama:
      Drs. I Made Gunawan Swarnaya
  1. Kepala Bagian Umum: Anak Agung Gde Agung Supthayana, S.H., dan terdiri atas:
    • Kepala Sub Bagian Kepegawaian: Made Kresnawan, SE., M.M.
    • Kepala Sub Bagian Keuangan: Drs. I Wayan Suarjaya, M.A.P.
    • Kepala Sub Bagian Tata Usaha: Dra. Putu Anggraeni Sri Adnyani, M.M.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 42 Tahun 2013, tanggal 12 April 2013 tentang Perubahan atas Permendikbud No. 1 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta, bahwa untuk mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan, pengendalian, dan pembinaan PTS secara nasional, khususnya di Provinsi Maluku, Papua, dan Papua Barat, perlu mendirikan LLDIKTI di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Jadi, jumlah lokasi Kantor LLDIKTI adalah 14 buah yaitu:

  1. Sekretariat Pelaksana LLDIKTI Tipe A
  2. LLDIKTI Wilayah I Medan
  3. LLDIKTI Wilayah III Jakarta
  4. LLDIKTI Wilayah IV Bandung
  5. LLDIKTI Wilayah VII Surabaya
  6. LLDIKTI Wilayah IX Makassar
  7. Sekretariat Pelaksana LLDIKTI Tipe B
  8. LLDIKTI Wilayah II Palembang
  9. LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
  10. LLDIKTI Wilayah VI Semarang
  11. LLDIKTI Wilayah VIII Denpasar
  12. LLDIKTI Wilayah X Padang
  13. LLDIKTI Wilayah XI Banjarmasin
  14. LLDIKTI Wilayah XII Ambon
  15. LLDIKTI Wilayah XIII Banda Aceh
  16. LLDIKTI Wilayah XIV Biak

Demikianlah Perkembangan LLDIKTI Wilayah VIII sejak berdiri sampai saat ini semoga Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan tuntunan-Nya demi kemajuan LLDIKTI Wilayah VIII yang kita cintai.